Air Terjun Sri Gethuk

Gunungkidul didapati dengan daerah yang tandus dan sulit air sebab ciri-ciri geografinya yaitu bentang karst. Jika berkendara waktu musim kemarau dari sana, seringkali dijumpai bentangan pohon jati yang meranggas karena kekeringan. Tapi, kenyataannya Gunungkidul memiliki obyek wisata air terjun. Nama air terjun itu adalah Sri Gethuk yang persisnya berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Kiskendo Yogyakarta

 

Dari Kota Jogja, jarak tempuh sampai ke Air Terjun Sri Gethuk sekitar 38 km. dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam. Rute terbaik mencapainya adalah melalui Imogiri seterusnya ke timur di jalan Imogiri-Dlingo. Selanjutnya tinggal patuhi plang arah yang perlihatkan arah mengarah. Jika menggunakan aplikasi Google Maps, ada rute lain yang lebih dekat yakni melalui Jalan Pleret-Pathuk.

Ayunan Langit Watujaran

Tapi jalan ini kelak akan lewat tanjakan terjal, yakni Tikungan Cinomati.Dekati sampai, perjalanan akan lewat medan pegunungan yang keadaannya cukup gersang, terutamanya pada musim kemarau. Walaupun berkelok, jalan penting mengarah Air Terjun Sri Gethuk masih terlihat jelas sampai tidak bikin pusing.

Bukit Klangon Merapi

Kelak akan dijumpai pos retribusi. Di sini pengunjung harus beli ticket seharga Rp 15.000 untuk dua arah, yakni Air Terjun Sri Gethuk dan Gua Rancang Kencana. Pengunjung bisa bertandang ke keduanya tanpa diminta ticket masuk menambahkan. Artikel ini telah tampil di Kompas.com dengan judul “Berlibur ke Gunungkidul, Coba Nikmati Segarnya Air Terjun Sri Gethuk”,

Jelita Blog © 2018 Frontier Theme